Waktu penyelaman yang direkomendasikan: April-Oktober

Dari kedalaman laut Banda, ada 4 pulau besar yang muncul: Wangi, Kaledupa, Tomea, Binongki – yang kemudian disingkat menjadi WaKaToBi.

Air yang jernih, pulau dengan pasir putih yang dikelilingi terumbu karang, letaknya yang jauh dari Sulawesi sebagai pulau utama terdekat membuat berada di Waka Tobi benar-benar berasa liburannya.

Plus, terumbu di Wakatobi merupakan terumbu fosil, yang terbentuk dalam iklim kering dan kemudian terangkat. Ini artinya erosi tanah sangat minimal sehingga air laut di sini luar biasa beningnya.

Statusnya sebagai taman nasional menempatkan Wakatobi dalam pengelolaan perikanan yang ketat. Artinya, ikan di kawasan ini berlimpah dan akan menjadi teman setia kita, di mana pun kita menyelam.

Pemantauan yang dilakukan oleh TNC menemukan sekitar 396 jenis karang keras scleractinian dan 590 jenis ikan karang . Karang Kaledupa mencatat banyak komunitas karang yang tidak umum dan kelimpahan species langka yang paling tinggi.

Selain itu, pemantauan oleh teman-teman anggota jaringan Reef Check di Kendari menunjukan kondisi karang yang sangat beragam. Umumnya tempat-tempat yang jauh dari konsentrasi penduduk mempunyai tutupan karang yang baik, bahkan sampai di atas 70%.