Tentang Terumbu Karang

Terumbu karang di dunia diperkirakan mencapai 284,300 km2. Terumbu karang dan ekosistem lain yang terkait, seperti padang lamun, rumput laut dan mangove adalah ekosistem laut terkaya di dunia. Wilayah Indonesia mempunyai sekitar 18% terumbu karang dunia, dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia (lebih dari 18% terumbu karang dunia, serta lebih dari 2500 jenis ikan, 590 jenis karang batu, 2500 jenis Moluska, dan 1500 jenis udang-udangan).

Terumbu karang di Indonesia memberikan keuntungan pendapatan sebesar US$1,6 milyar/tahun. Nilai keseluruhan pelayanan dan sumber dayanya sendiri diperkirakan mencapai setidaknya US$ 61,9 milyar/tahun.

Terumbu karang adalah struktur hidup yang terbesar dan tertua di dunia. Untuk sampai ke kondisi yang sekarang, terumbu karang membutuhkan waktu berjuta tahun. Tergantung dari jenis, dan kondisi perairannya, terumbu karang umumnya hanya tumbuh beberapa mm saja per tahunnya. Yang ada di perairan Indonesia saat ini paling tidak mulai terbentuk sejak 450 juta tahun silam.

Terdapat ribuan spesies yang hidup di kawasan terumbu karang. Namun hanya sebagian yang menghasilkan kalsium karbonat pembentuk terumbu. Organisme pembentuk terumbu yang terpenting adalah hewan karang.

Karang adalah bentukan hewan kecil yang hidup dalam semacam cawan yang terbentuk dari kalsium karbonat (lihat gambar) yang biasa disebut polip karang. Jutaan polip-polip ini membentuk struktur dasar dari terumbu karang.

Hewan karang hidup bersimbiosis dengan alga bersel satu yang disebut zooxanthellae. Zooxanthellae merupakan jenis alga dinoflagelata berwana coklat dan kuning, yang dinyatakan sebagai Symbiodinium microadriaticum. Alga ini juga hidup bersimbiosis dengan hewan-hewan lain di terumbu karang, seperti, kima raksasa (Tridacna spp), anemon laut dan coelenterata lainnya.

Hewan karang mempunyai tentakel (tangan-tangan) untuk menangkap plankton sebagai sumber makanannya, Namun, sumber nutrisi utama hewan karang sebenarnya berasal dari proses fotosintesa zooxanthellae (hampir 98%). Selain itu, zooxanthellae memberi warna pada hewan karang yang sebenarnya hampir transparan. Timbal baliknya, karang menyediakan tempat tinggal dan berlindung bagi sang alga.

Kondisi favorit untuk pertumbuhan optimal terumbu karang

Terumbu karang dapat tumbuh dengan baik di perairan laut dengan suhu 21° – 29° C. Masih dapat tumbuh pada suhu diatas dan dibawah kisaran suhu tersebut, tetapi pertumbuhannya akan sangat lambat. Itulah sebabnya terumbu karang banyak ditemukan di perairan tropis seperti Indonesia dan juga di daerah sub tropis yang dilewari aliran arus hangat dari daerah tropis seperti Florida, Amerika Serikat dan bagian selatan Jepang.

Karang membutuhkan perairan dangkal dan bersih yang dapat ditembus cahaya matahari yang digunakan oleh zooxanthellae untuk berfotosintesis. Pertumbuhan karang pembentuk terumbu pada kedalaman 18 – 29 m sangat lambat tetapi masih ditemukan hingga kedalaman iebih dari 90 m.

Karang memerlukan salinitas yang tinggi untuk tumbuh, oleh karena itu, di sekitar mulut sungai atau pantai atau sekitar pemukiman penduduk akan lambat karena karang membutuhkan perairan yang kadar garamnya sesuai untuk hidup.

Penyebaran Terumbu Karang

Sebagian besar terumbu karang dunia (55%) terdapat Indonesia, Pilipina, Australia Utara dan Kepulauan Pasifik, 30% di Lautan Hindia dan Laut Merah. 14% di Karibia dan 1% di Atlantik Utara.

Terumbu karang Indonesia yang mencapai 60.000 km2 luasnya, sebagian besar berada di Indonesia bagian tengah, Sulawesi, Bali dan Lombok, Papua, Pulau Jawa, Kepulauan Riau dan pantai Barat serta ujung barat daya Pulau Sumatera.

Fungsi Terumbu Karang

  • Pelindung ekosistem pantai
    Terumbu karang akan menahan dan memecah energi gelombang sehingga mencegah terjadinya abrasi dan kerusakan di sekitarnya.
  • Rumah bagi banyak jenis mahluk hidup di laut
    Terumbu karang bagaikan oase di padang pasir untuk lautan. Karenanya banyak hewan dan tanaman yang berkumpul di sini untuk mencari makan, memijah, membesarkan anaknya, dan berlindung. Bagi manusia, ini artinya terumbu karng mempunyai potensial perikanan yang sangat besar, baik untuk sumber makanan maupun mata pencaharian mereka. Diperkirakan, terumbu karang yang sehat dapat menghasilkan 25 ton ikan per tahunnya. Sekitar 500 juta orang di dunia menggantungkan nafkahnya pada terumbu karang, termasuk didalamnya 30 juta yang bergantung secara total pada terumbu karang sebagai penhidupan.
  • Sumber obat-obatan
    Pada terumbu karang banyak terdapat bahan-bahan kimia yang diperkirakan bisa menjadi obat bagi manusia. Saat ini banyak penelitian mengenai bahan-bahan kimia tersebut untuk dipergunakan untuk mengobati berbagai manusia.
  • Objek wisata
    Terumbu karang yang bagus akan menarik minat wisatawan sehingga meyediakan alternatif pendapatan bagi masyarakat sekitar. Diperkirakan sekitra 20 juta penyelam , menyelam dan menikmati terumbu karang per tahun.
  • Daerah Penelitian
    Penelitian akan menghasilkan informasi penting dan akurat sebagai dasar pengelolaan yang lebih baik. Selain itu, masih banyak jenis ikan dan organisme laut serta zat-zat yang terdapat di kawasan terumbu karang yang belum pernah diketahui manusia sehingga perlu penelitian yang lebih intensif untuk mengetahui ‘misteri’ laut tersebut.
  • Mempunyai nilai spiritual
    Bagi banyak masyarakat, laut adalah daerah spiritual yang sangat penting, Laut yang terjaga karena terumbu karang yang baik tentunya mendukung kekayaan spiritual ini.

Kondisi terumbu karang

Namun sayangnya laporan Reef at Risk (2002) menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan status terumbu karang yang paling terancam. Selama 50 tahun terakhir, proporsi penurunan kondisi terumbu karang Indonesia telah meningkat dari 10% menjadi 50%. Lebih lanjut, hasil survey P2O LIPI (2006) menyebutkan bahwa hanya 5,23% terumbu karang di Indonesia yang berada di dalam kondisi yang sangat baik.

Laporan status terumbu karang dunia yang dikeluarkan Global Coral Reef Monitoring Network (GCRMN) menyebutkan bahwa dalam selama 2004 hingga 2008 luasan area terumbu karang semakin menurun. Dalam periode 2004 hingga 2008, 19% luasan terumbu karang dunia telah hilang, 15% terancam hilang 10-20 tahun kedepan dan 20% luasan terancam hilang 20-40 tahun mendatang. Di Indonesia sendiri 34% berada dalam kondisi sangat buruk 42% agak baik sedang hanya 21% dalam kondisi sehat dan 3 % sangat sehat

Ancaman Terhadap Terumbu Karang

Ancaman utama yang tercatat adalah: pembangunan daerah pesisir, polusi laut, sedimentasi dan pencemaran dari darat, overfishing (penangkapan sumberdaya berlebih), destruktif fishing (penangkapan ikan dengan cara merusak), dan pemutihan karang ( coral bleaching ) akibat pemanasan global.

Dalam beberapa tahun terakhir tekanan terhadap terumbu karang semakin bervariasi dan juga semakin meningkat secara kuantitas maupun kualitas. Kejadian gempa bumi yang melanda lautan Indonesia pada 2004 juga mengakibatkan kerusakan pada terumbu namun tidak dapat dibandingkan dengan kerusakan yang disebabkan oleh manusia. Dampak langsung dari perubahan iklim juga semakin banyak terjadi pada banyak terumbu karang. Dari analisis diperkirakan pada 2015, sekitar 50% populasi dunia hidup di sepanjang pesisir, sebuah bahaya yang sangat besar terhadap masa depan terumbu karang. Peningkatan kebutuhan pangan, komersialisasi aktifitas perikanan, dan krisis ekonomi global akan berujung pada penangkapan berlebih dan penurunan stok perikanan terutama di negara-negara miskin.

Untuk mengatasi tantangan ini, kita semua perlu bekerja bersama. Dan terlibat dalam konservasi bisa dimulai dari hal yang sangat mudah, dan tidak njelimet. Mulai dari hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan sendiri, bergabung dengan gerakan-gerakan sukarela, atau dengan terlibat langsung di kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan konservasi

Banyak juga sebenarnya inisiatif dan upaya-upaya yang cukup komprehensif untuk konservasi, yang sudah dilakukan banyak pihak yang bisa menginspirasi kita semua.

Tapi intinya, kita harus berkerja sama untuk terumbu karang dan masa depan yang lebih baik…..

Yuuukkkk…

What can we do?

Berikut, tips sederhana untuk bisa membantu mengkonservasi terumbu karang dengan sederhana:

  • Terapkan prinsip 3 R (reduce-reuse-recycle) dan hemat energi. Terumbu karang adalah ekosistem yang sangat peka terhadap perubahan iklim. Kenaikan suhu sedikit saja dapat memicu pemutihan karang (coral bleaching). Mass coral bleaching dapat diikuti oleh kematian massal terumbu karang, seperti yang terjadi di hampir seluruh kawasan tropis 97-98, di Australia, 2002, dan di Karibia, 2006. Kejadian coral bleaching terbaru tahun 2010 melanda banyak sekali lokasi di Indonesia (laporan kejadian coral bleaching 2010) Jadi apapun yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak global warming, akan sangat membantu terumbu karang.
  • Buang sampah pada tempatnya. Hewan laut sering terkait pada sampah-sampah sehingga mengganggu gerakannya. Sampah plastik yang transparan banyak dibuktikan termakan oleh penyu karena tampak seperti ubur-ubur. Sampah plastik ini akan mengganggu pencernaanya. Dibanyak lokasi terumbu juga dijumpai karang dan biota laut lainnya yang bersifat bentik, sessile (tidak dapat berpindah) yang mati akibat tertutup lembaran-lembaran plastik. Ingat,plastik tidak hancur dalam satu malam saja!
  • Apabila Anda berlibur, pilih dan pastikan operator/agen/tour Anda menerapkan prinsip ramah lingkungan.
  • Bergabung dengan jejaring informasi , milist-milist lingkungan, berbagi ilmu, informasi, pendapat, dan saling berdiskusi, ajak orang lain untuk terlibat, membangun trend dan gerakan, GAYA HIDUP yang ramah lingkungan.
  • Bergabung dengan gerakan-gerakan sukarelawan, atau terlibat aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Ada berbagai kegiatan yang bisa rekan-rekan ikuti, seperti jaringan sukarelawan survei terumbu karang (JKRI), trip-trip penelitian, reboisasi, magang di lembaga pelestarian lingkungan dan lain-lainnya (volunteer Reef Check).

Lets Go Blue !

72 Responses to “Tentang Terumbu Karang”

  1. IKA YUANITA ERNAWATI
    June 15th, 2008 at 12:39 pm

    setelah membaca artikel diatas saya sangat prihatin bahwa kita harus menjaga terumbu karang karena disanalah awal dai kehidupan bawah laut terumbu karang tidak hanya bermanfaat bagi makhluk yang ada dilaut tapi juga makhluk yang berada di atas sebagai obat,saya baru tahu kalau terumbu karang bisa dijadikan obat.so mulai dari sekarang kita harus menjaga terumbu karang untuk anak,cucu kita agar mereka bisa melihat terumbu karang langsung bukan dari buku atau dunia maya.

  2. win
    July 28th, 2008 at 2:05 pm

    wow… salut. informasinya lengkap bangetz.

  3. fero
    August 9th, 2008 at 10:09 am

    mas2 dan mbak2,tolong kirimin sy bgmn cara menanam terumbu karang. di tempat sy sangat memprihatinkan.

  4. winda
    August 25th, 2008 at 2:51 pm

    gimana upaya kita dapat terwujud, kalo ksadaran tiap orang tu kurang. apalagi para nelayan yang sedang berlayar. kebanyakan sekarang nelayan tingkat bawah yang banyak merusak. mereka tidak bisa menjaga lingkungan karena terbentur biaya untuk mengganti alat tangkapnya. so…. kita harus menemukan cara yang lebih efektif untuk itu semua. thanX. (STP)

  5. Rpj.
    September 2nd, 2008 at 9:30 pm

    Wow.salute bgt dah ma muana.mulai dr infox ampe da lomba2 yg d.adakan pmrinth..cuman d.daerahku sultra,jarang bgt acr konservasi ky gne.pdhl sultra khususx wakatobi pux spezies trumbu n ikan trkaya d.dunya lho..jd gmn masyrktx mo smngt kl pemdax aja loyo..kl mo d.pkr,,daerah2 laen d.sultra jg suhu lautx g’jauh bda ma wakatobi,tp ampe skrngQ lom prnh dgr da ush konserfasi d.daerah2 laenx i2..pmrnth kmana aja seeh?

  6. yudhi
    September 7th, 2008 at 1:33 pm

    Jika ingin memiliki citra/gambar terumbu karang daerah Lembata untuk penelitian, bagaimana mendapatkannya? Mungkin web ini bisa menyediakan untuk tiap daerah di Indonesia. Karena jika membeli di salah satu instansi yang mengurusi hal ini, harganya sangat mahal sekali, bisa mencapai 2 jutaan. Itupun untuk yang thn 2004. Terimakasih

  7. arif t
    October 24th, 2008 at 5:51 pm

    emank lengkap and aktual infonya

  8. Selly Julita Soeroso
    December 18th, 2008 at 7:21 pm

    Saya suka..karna lengkap..^^

  9. graedy
    January 1st, 2009 at 10:05 pm

    seeppppp…..
    g juga bantu koq jaga trumbukarang….. kebetulan g juga anak perikanan lampung

  10. william Matmey
    January 14th, 2009 at 3:15 pm

    wow sangat fantastis sekali karena membuat semua orang jadi terpesona melihat keindahan bawah laut. itu juga menjadi kekayaan alam yang harus dilindungi dan dijaga kelestariannya karena akukan suka dengan laut.

  11. Cenceng
    January 24th, 2009 at 1:01 pm

    bisa minta gambar2 terumbu karang dalam bentuk CD?

  12. UCAY
    January 31st, 2009 at 1:30 am

    yuuupz
    seep tulisannya
    kami disini jg sedang mencoba untuk transplantasi, karena klo bkn qt yg muda2 siapa lagi yg akan melakukannya
    mohon dukungannya jg yha
    “LET’S SAVE OUR CORAL”
    for better future

  13. fdawidodo
    February 6th, 2009 at 10:48 pm

    yah…seperti yang tertuliskan dalam wacana asyik di atas tentang keberadaan terumbu karang di dunia pada umumnya dan di indonesia pada khususnya. Seperti yang telah diungkapkan bahwa terumbu karang adalah salah satu bentuk makhluk yang sangat peka terhadap perubahan disekitarnya. Semakin banyaknya para relasi ataupun teman-teman di antara peselam dan pemerhati lingkungan yang dibantu juga oleh masyarakat awam menyadarinya, tentunya kelestariannya juga akan semakin dapat dipertahankan, bahkan kemungkinan besar dapat ditingkatkan.

    Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa salah satu aktivitas manusia yang dapat mempengaruhi perubahan negatif terumbu karang adalah paham tentang “laut adalah tong sampah abadi” yang hingga kini masih dianut oleh sebagian manusia Indonesia.

    Selain itu juga, dengan keberadaan aktivitas pariwisata yang cukup tinggi dan tidak menyadari keberadaan makhluk2 rentan sekitar dapat memberikan sumbangsih yang signifikan bagi kerusakan ekosistem perairan seperti halnya terumbu karang.

    Yah…untuk ke depannya marilah saling mengerti dan memahami bahwasanya di sekitar masih banyak makhluk yang rentang dan perlu mendapat perhatian dari para manusia seperti kita.

    semoga Birunya laut Indonesia tetap membiru seperti adanya birunya laut itu sendiri…

  14. GIE
    February 18th, 2009 at 1:46 pm

    Mari kita satukan tujuan dan semangat untuk membuat laut indonesia menjadi biru dan lebih biru kembali dengan asrinya kehidupan yang terdapat didalamnya khususnya rumah bagi binatang2 laut “Terumbu Karang”……

  15. ulil
    March 2nd, 2009 at 5:23 pm

    kenapa mesti bingung apa yang harus dikerjakan, sumberdaya bawah laut kita kan melimpah, mengapa gak kita perdayakan saja.
    keuntungannya kan untuk negara kita juga.

    da permintaan ni pak…
    kirimin video bawah laut ya.
    sebelumnya diucapkan terima kasih.

  16. FIRSYA
    March 4th, 2009 at 12:47 am

    Thanks yaw informasinya….

    program kerjaq di tahun ini ” peduli terumbu karang” yang akan dilaksanakan HIMAPALA UNESA (universitas negeri Surabaya). termasuk q di dalamnya.
    da banyak acara di dalamya, da lomba penulisan karya ilmiah, fotografi, pelatihan pencangkokan terumbu karang, seminar nasional tentang penanggulangan kerusakan terumbu karang….
    acaranya di surabaya dan di situbondo…
    bagi temen2 yang bilang “peduli” sama terumbu karang, ” JOIN US!!!!!!”

    pgen informasi lebih lanjut, krim email ke http://www.firzaperikecil@gmail.com

    thanks for all………….

    sweet girl “firza”

  17. hendra
    March 16th, 2009 at 9:13 am

    jangan panjang-panjang penjelasannya

  18. ANGGA
    April 22nd, 2009 at 5:29 am

    Mo tanya donk sebenernya ada ga sih hub substrat yang dipakai bwat transplantasi dengan pertumbuhan karangnya?? soalnya dw liat kq beda2 ya substratnya…

  19. Theresia irene
    April 24th, 2009 at 6:13 pm

    salut. salut bgt.
    tx bgt buat informasinya.
    buat bahan pidato w di sekolah.
    hehehehehe

    -Salam-iren

  20. Deddy
    April 30th, 2009 at 8:16 pm

    good, klo ada LSMnya gua kepingin masuk jg coy

  21. erwan
    May 21st, 2009 at 7:22 am

    ada informasi/data tentang jenis2 terumbu karang yang ada di laut bontang g?

  22. nEsFiiY pIyUt
    May 29th, 2009 at 4:39 pm

    mantap…………..!!! complite bo’
    truskan y………..
    HiDuP COrAl rEEf……………………………..

  23. rachma
    June 29th, 2009 at 10:14 pm

    bagus banget informasinya????

    dapat menambah pengetahuan lebih banyak tentang coral reef??????

    selain itu kta dpat tau bahwa kondisi terumbu karang diindonesia banyak yang rusak dan kita juga harus dapat mencegah agar kerusakan terumbu karang tidak semakin meluas???????????

  24. aris
    August 26th, 2009 at 1:55 pm

    Qt sebagai mahluk yang peduli terhadap lingkungan lestarikan lah

  25. Faisal
    October 1st, 2009 at 1:17 am

    hmmmm….kawan2 dari GoBlue tolong bantu saya ya!

    saya mahasiswa arsitektur univ. Gunadarma yg sedang Tugas Akhir.
    saya ingin membuat sebuah pusat riset dan informasi kelautan di bali, karena berfikir akan seperti apa laut bali dalam 20 tahun k depan,,,
    tapi masih bingung, karena saya blu mempunyai data2 tentang kelautan baik berupa angka ataupun gambar di indonesia khususnya bali…

    REGARDS

  26. Ramadhan
    October 2nd, 2009 at 11:26 am

    “SAY NO TO EKSPLOTATION CORAL ECOSISTEMS BUT SAY YES TO REHABILITATION CORAL ECOSISTEM” thaks for your information guys………………………………………………………..

  27. fatmah
    October 14th, 2009 at 3:28 pm

    thanks ya atas informasinya sobat, dgn ni gwe bisa nambah pengetahuan tentang “terumbu karang”

  28. Hana
    October 26th, 2009 at 7:07 pm

    Info yg menarik berguna dan lengkap.

  29. Inadhia Gemarefi (Dhea)
    November 1st, 2009 at 12:35 pm

    Keren lengkap bangetzzzz………! ” thaks for the informatin guys”

  30. aedha
    November 2nd, 2009 at 4:54 pm

    saya,,
    merasa tertolong dg ada ya infrmasi dri anda

  31. khaidhar
    November 19th, 2009 at 11:51 pm

    kami dari club selam LDC sultra kami untuk dua tahun terakhir ini kami tidak mendapatkan panggilan untuk melakukan reef chek. kira-kira bagaimana kami bisa bekerjasama lagi dengan jaringan reef chek indonesia

  32. admin
    February 2nd, 2010 at 11:43 am

    @Khaidar : silahkan kontak ke rcindonesia@reefcheck.or.id
    atau kunjungi website:www.reefcheck.or.id

  33. Dheony krissatria
    February 16th, 2010 at 12:03 pm

    Mas dan Mbak, kami dari unit selam atma jaya yogyakarta ingin mengadakan program transplantasi karang di provinsi Lampung, bisa minta info2 untuk contact list dari LSM2 yang dapat membantu kami.
    teerima kasih.

  34. admin
    February 17th, 2010 at 10:45 am

    untuk di lampung silahkan kontak Yayasan Mitra Bentala email ke yamitra@indo.net.id

  35. gizzzzo
    March 4th, 2010 at 7:27 pm

    Apakah Benar BKSDA mngeluarkan ijin pemanfaatan trumbu karang dr alam??

  36. anak nelayan
    June 19th, 2010 at 10:06 am

    numpang baca-baca yaa..artikelnya muanteb banget sobat

  37. egsya
    July 11th, 2010 at 5:02 pm

    adakan kegiatn DPL dong dlm tiap pengmtan Eksplorasi dan Eksploitasi pesisir dan Laut baik secara kuantitatif mwpun kualitatif, agr tetp termanfaatx dan b’kelanjutan….

  38. puji dewi lestari
    August 12th, 2010 at 1:56 pm

    ass………
    saya tinggal di prop. Bengkulu. da beberapa tempat di daerah saya yang lautnya memiliki terumbu karang dan sekarang dalam kondisi memprihatinkan. saya mohon bantuannya untuk tips2 pemeliharaan or budidaya terumbu karang. terima kasih.

  39. Tasya Karissa
    September 16th, 2010 at 4:50 pm

    Teman-teman, saya salut atas tulisan yang sangat informatif bagi masyarakat awam maupun pemerhati terumbu karang seperti saya. Saya berharap semoga semakin banyak masyarakat yang peduli dengan terumbu karang di indonesia dan bekerja sama untuk memperbaiki kondisinya.
    (www.terumbukarang.net)

  40. mhEly
    September 17th, 2010 at 8:47 pm

    UuuuHhhh……..
    kEren…. informasinx MmmUuuAaaNnnTttAaaPpp banget……

  41. savira afianiesa
    September 26th, 2010 at 10:24 pm

    kita memeng harus sadar akan kekayaan Indonesia dan kita harus sadar betapa pentingnya kita melestarikan.

  42. urian firmansyah
    October 14th, 2010 at 8:01 pm

    maha besar allah dan maha kuasa dia,, tpi dengan yg di ciptakannya kita senantiasa menjaganya dan melestarikannya.

  43. Kath Ri'ne
    October 20th, 2010 at 3:48 pm

    I dont have anithyng! but in Indonesia, iam not borring

  44. yesi andriani
    November 11th, 2010 at 1:02 pm

    w pengen ikut jadi sukarelawan pelestarian terumbu karang, gimana caranya ya???

  45. Natedia
    January 13th, 2011 at 10:13 pm

    I LOVE CORAL REEF
    it’s look “kirei” when looked from undersea. <3

  46. ratih
    January 31st, 2011 at 11:46 am

    hebat,salut bgt…informasinya lengkap bgt. Kita butuh generasi2 yg peduli lingkungan yang bisa memberikan wawasan pada masyarakat dengan pemahaman yg mudah dimengerti untuk bisa bersama2 menjaga bumi kita…ditunggu kegiatan2 selanjutnya.

  47. koran terbaru
    February 14th, 2011 at 1:57 pm

    Ayo GoBlue.., maju terus dunia laut dan terumbu karang Indonesia.

  48. specs and prices
    February 14th, 2011 at 1:59 pm

    Baca-baca tentang terumbu karang sangat menyenangkan. Apalagi kalau bisa melihatnya secara langsung di dalam laut, wah.. keren :)

  49. agung
    March 26th, 2011 at 12:32 pm

    ya……..sih saya setuju jka tdk ad krng gimn kehidupan laut???

  50. markus
    May 18th, 2011 at 4:09 am

    stuju klau gak krang mungkin laut jdi hancur kli yeeee……
    :d

  51. ahmad yessa dimyati
    July 4th, 2011 at 7:46 pm

    saya tertarik terumbu karang dalam waktu dekat saya mengadakan seminar ilegal fishing, tolong saya dibantu data data terbaru nmasalah illegal fishing termasuk kerusakan terumbu karang di Indonesia

    Ketua LSM Hijau
    Gorontalo
    Ahmad Yessa Dimyati

  52. heryseputro
    August 5th, 2011 at 8:37 pm

    let’s save our coral reef…

  53. Retno Mardiyanti
    September 26th, 2011 at 4:24 pm

    ada artikel tentang jenis – jenis terumbu karang yang ada di indonesia gak ?

  54. safira mar'ah azizah
    October 7th, 2011 at 9:07 am

    ..*”bicara soal terumbu karang..
    bagi para warga indonesia tolong jaga laut kita jangan sampai rusak dan jagalah hewan-hewan yang ada di laut termasuk terumbu karangnya.. inget jaga laut kita ya agar indah selalu”*..
    OK..
    \(^_^)/

  55. herlina
    October 12th, 2011 at 5:12 pm

    hhmmpp lau ngak ada terumbu karang kurang oke krna karang adalah salasatu objek/ciptaan yg indah dari tuhan

  56. khairul rasy
    November 7th, 2011 at 7:44 pm

    kaqhang kat Bunaken mang lawa lak !!!
    kenye nag gi sitok.

    bilou ye nag gi. .

    PUTRA NATUNA

  57. burhan
    November 9th, 2011 at 9:25 am

    tak kenal maka tak sayang..sebagian besar msy kita tak tahu ada apa dibawah laut kita..itu sebab laut dianggap tong sampah raksasa..salah satu cara yg bisa ditempuh dgn mengenalkan diving keberbagai lap.masyarakat agar tahu ada apa dilaut skitar kita…

  58. Jun
    November 27th, 2011 at 6:01 pm

    populasi laut di indonesia sangat besar tetapi masyarakat sekitar belum tau bagaimana pentingnya laut kita dan mereka tidak tau sebagus apa keindahan dalam laut dan laut malah dirusak dengan orang kita sendiri
    ayo semangat mari kita perbagus dan perindah lautan nusantara dengan menjaga merawat dan membudidayakan lautan nusantara ini!!

  59. widi
    January 13th, 2012 at 10:58 am

    sangat di sayangkan di kota cirebon, jawa barat ga ada terumbu karangnya.
    padahal daerah pesisir..
    apakah ada yang punya info tentang laut pesisir di kota cirebon?

  60. cahyati arum sari
    January 13th, 2012 at 3:19 pm

    asEEekk_asEEkk…….
    btl itu.,, terumbu karang juga dapat mengurangi efek rumah kaca yg mengakibatkn pemanasan global yg meningginyya permukaan laut..
    jadi, jangan sekali kali merusak terumbu karang ya,,,,,,…..

  61. Amrun
    January 26th, 2012 at 3:03 pm

    Begitu tinggi dan arti nilai terumbu karang untuk kehidupan manusia. dibutuhkan kontribusi semua komponen masyarakat untuk melestarikannya.

  62. mpuyiie puri
    February 12th, 2012 at 9:13 pm

    yups…. bner bgt… manusia sadar dunk… trmbu krg hrus kita jaga bknya mlh kita rusak… bukalah mata hatimu… betapa indah nan anggunya mrka menari dalam laut… jangan ggu mrk? GO BLUE INDONESIA……

  63. Nita
    February 28th, 2012 at 4:31 pm

    go blue Indonesia !!!
    Kita harus melestarikan potensi laut kita khususnya terumbu karang, karena terumbu karang merupakan habitat oleh biota-biota laut yang sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka.
    bentuknya yang sangat unik dan sangat memukau sangat perlu untuk dibudidayakan sebagai daya tarik wisata domestik maupun manca negara.

  64. Putu Veny
    March 7th, 2012 at 6:12 pm

    Terumbu karang harusnya dijaga agar tetap lestari. Program biorock nampaknya bagus untuk pemulihan karang yang tengah rusak karena pertumbuhan karang jauh lebih cepat pada penggunaan biorock. salam lestari, salam devan :)

  65. wan
    March 18th, 2012 at 10:19 pm

    bisa bantu jelasin cara menanamnya gak? karena aku mau coba. mohon bantuannya wan_gea@hotmail.com terimakasih

  66. Briliant
    March 24th, 2012 at 5:42 pm

    kalo mau tanya lebih banyak soal terumbu karang, bisa info lewat e-mail? terima kasih

  67. IPUT
    May 2nd, 2012 at 6:01 pm

    Bagaimana terumbu karang buatan dapat dijadikan sebagai potensi daerah penangkapan ikan.

  68. jens
    May 8th, 2012 at 10:35 pm

    yang mau tanya silahkan email ke rcindonesia@reefcheck.org

  69. jefri yusra
    May 29th, 2012 at 11:43 am

    dengan sangat prihatin sekali kondisi terumbu karang diaceh jaya pasca tsunami kami lembaga kelautan dan perikanan aceh jaya sangat sangat ingin membenahi[menanam]namun apa daya belum terlaksana semoga ada kepekaan dari intansi terkait yang mau mendukung program lembaga kami.

  70. jefri yusra
    May 29th, 2012 at 11:48 am

    jangan biarkan alam laut kita menderita mari kita lestarikan terumbu karang yang telah hancur oleh tangan tangan yang tak bertanggung jawab

  71. Irfan Rahmat
    June 24th, 2012 at 8:02 am

    cara membudidayakannya mana?

  72. rahmat
    September 20th, 2012 at 11:13 am

    aku cinta dengan keindahan laut

Komentar Kamu

Let's Go Blue Indonesia!

Web site ini dibuat secara gotong royong oleh berbagai pihak untuk membangun trend cinta laut serta menyediakan akses informasi yang mudah untuk bisa terlibat di dalam konservasi laut dan pesisir serta ekosistem terkaitnya, dengan saling berbagi informasi yang bersifat positif, membangun semangat, dan saling menghargai satu sama lain. Baca selengkapnya


Reef Check indonesia Reef Check Day

Log In

Arsip Berita

Promosikan karya2 fotografi kamu!

Caranya, kirim email ke redaksi@goblue.or.id, max 3 karya foto bawah laut Indonesia kamu, .jpg ya, berikut nama kamu, email, alamat website kamu, dll. Foto terbaik akan kami umumkan setiap bulannya. dan menangkan T-shirt keren dari yayasan Reef Check Indonesia. Jadi tunggu apalagi =)