peserta Reef Check Karimunjawa 2009
peserta Reef Check Karimunjawa 2009

13 November 2009, tepatnya di PKM Tembalang Semarang Marine Diving Club mengadakan peluncuran event tahunan Reef Check Karimunjawa. Tahun 2009 ini merupakan Reef Check ke-11 yang diorganisir oleh klub selam mahasiswa di Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro ini sejak pertama kali tahun 1999. Reef Check Karimunjawa 2009 mengangkat tema ” Persembahanmu untuk Terumbu Karang dan Karimunjawa”.

Reef Check Karimunjawa sendiri merupakan suatu aktifitas nyata yang memadukan kegiatan pemantauan ilmiah dengan kampanye kepedulian terhadap terumbu karang. Kegiatan ini setiap tahunnya melibatkan puluhan penyelam dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa, peneliti, penyelam hobi hingga masyarakat umum.

Reef Check Karimunjawa bertujuan untuk memantau kondisi terumbu karang di Karimunjawa. Kegiatan ini menghasilkan data seri kondisi terumbu karang. Reef Check sendiri merupakan metode pemantauan terumbu karang, yang kemudian dikembangkan menjadi jaringan global penyelam yang secara sukarela turun ke lapangan memantau di berbagai lokasi terumbu karang dunia. Di Indonesia, para reefcheckers tergabung dalam komunitas yang disebut Jaringan Kerja Reef Check Indonesia (JKRI).

Kegiatan reef check Karimunjawa 2009 yang dilaksanakan oleh Marine Diving Club (MDC) kali ini melibatkan relawan-relawan dari beberapa daerah yaitu Kalimantan Timur, Bali, Bandung, Jakarta dan Semarang. Peserta sebagian besar berasal dari latar belakang klub selam mahasiswa seperti FINDC-Universitas wulawarman, Maranata Diving Club-Bandung, Oseanik-FPIK UNPAD. Adapula peserta berasal dari wartawan media cetak dan elektronik seperti Harian JogloSemar, Harian Kompas, Suara Merdeka, Jogdja TV dan The Jakarta Post. Selain itu, tidak ketinggalan penyelam rekreasi/hobi dari masyarkat umum dan mahasiswa non klub selam. Total tim Reef Check Karimunjawa 2009 sebanyak 31 orang penyelam. Tim ini akan menyelami keindahan laut Karimunjawa mulai 15-18 November 2009.

Peluncuran Reef Check Karimunjawa 2009 yang bertempat di PKM Tembalang dilakukan oleh Ir. Irwani Mphil selaku Ketua Jurusan Ilmu Kelautan Undip. Juga dihadiri Dr. Munasik Msc, salah satu ahli terumbu karang dan sekaligus Pembina MDC. “Saya sangat senang sekali MDC dapat melaksanakan Reef Check di Karimunjawa untuk kesekian kalinya, ini merupakan suatu aksi untuk penyadartahuan kepada masyarakat khususnya penyelam tentang pentingya menjaga kelestarian terumbu karang” tegas Bpk Munasik dalam sambutannya.

Galdi Arianto yang merupakan Ketua Marine Diving Club juga menyatakan kebanggaannya bahwa klub ini bisa secara konsisten terlibat dalam aksi nyata dalam memastikan terumbu karang dan manfaatnya bisa terus ada. ” Kami melakukan apa yang kami bisa lakukan,” kata Galdi. Kegiatan kemudian dibuka secara resmioleh Ir. Irwani MPhil yang secara simbolis dengan penerimaan plakat dan penyematan baju Reef Check Karimunjawa 2009 kepada ketua pelaksana Arif Suryo Aji.

Acara kemudian dilanjutkan dengan dengan training kelas, untuk membekali peserta dengan gambaran ekosistem terumbu karang dan permasalahannya, metode Reef Check dan aplikasi di lapangan. Peserta kemudian diberangkatkan ke Jepara untuk kemudian esoknya berangkat ke Karimunjawa melalui dermaga Kartini Jepara.