Dalam turut brperan aktif dalam peringatan hari Bumi dan Coral Day, Fishery and Marine Diving Club (FIN-DC) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNMUL melaksanakan kegiatan Diklat Kader Konservasi Bahari tingkat SMA se-Samarinda. Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 23 S/d 24 april di Pulau beras basah Bontang, selain memperingati hari BUMI sedunia, kegiatan ini ditujukan sekaligus memperingati hari ulang tahun FIN-DC yang ke 8.

Pembina FINDC M. Yasser mengatakan bahwa kegiatan ini melibatkan siswa-siswi SMA/SMK sesamarinda dari 7 sekolah dengan jumlah keselurahan 27 siswa. Diantaranya SMAN 3. (8 orang), SMAN 1. (1 orang), SMA Tunas Kelapa (2 orang) SMAN 4 (3 Orang ), SMK Kesatuan 2 (5 orang), SMK TI Erlangga ( 6 orang ) SMK 1 (1 orang) dengan Panitia berjumlah 30 0rang.

M. Yasser melanjutkan bahwa sebelumnya sejak tanggal 9 April lalu sosialisasi ke SMA/SMK Se-Samarinda mengenai Konservasi Bahari, selain itu para peserta juga diberi bekal pengetahuan mengenai terumbu karang dan latihan snorkeling di kolam GOR Segiri sebanyak 4x pertemuan. Tujuan pembekalan ini ialah agar menambah wawasan peserta dan juga menumbuhkan rasa kecintaan terhadap ekosistem terumbu karang serta penerapan snoreling yang sesuai standar.

Berbagai kegiatan dalam acara ini, salah satunya adalah kegiatan snorkling bersama siswa/siswi SMA se-Samarinda untuk melihat langsung keindahan terumbu karang yang ada di pulau beras basah Bontang dan percontohan transplantasi karang serta terumbu buatan.

“Kami ingin agar para generasi muda yang diwakili oleh siswa-siswi SMA se-Samarinda dapat melihat langsung keadaan terkini dari perairan laut di wilayah kita sehingga mereka dapat mengenal sebagian kecil wilayah perairan kalimantan timur yang dalam hal ini di pulau Beras Basah, Bontang”, kata Yasser.

Pengenalan ini dimaksudkan agar para siswa mampu mengenali lebih awal keadaan bawah laut, menumbuhkan kesadaran , memberikan motivasi untuk peduli dan ambil bagian dalam pelestarian bumi khususnya di perairan laut.

Salah saeorang peserta, Bobby siswa SMK kesatuan 2 samarinda mengaku mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dan tidak terlupakan karena bisa melihat langsung terumbu karang dari jarak yang sangat dekat. “Dalam acara ini kami banyak mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman baru, saya bisa melihat langsung terumbu karang yang ada di laut, ini adalah salah satu pengalaman kami yang tidak akan terlupakan. Keindahan dibawah laut ini membuat saya terkagum dan kayaknya perlu pelestarian agar tetap bisa dinikmati oleh semua orang.” Kata Bobby dengan antusias.

Yulistika Rosdiani, ketua Panitia acara, mengaku sangat bangga atas antusias peserta SMA/SMK mengikuti kegiatan ini, “kami dapat langsung memperkenalkan sedikit banyaknya tentang apa itu terumbu karang, apalagi organisasi kami memang bergerak di pelestarian alam di bawah air. Kami berharap bisa menularkan kepedulian terhadap lingkungan di kalangan pelajar, karena keberlangsungan alam ditentukan oleh manusia itu sendiri” .

Selain kegiatan sosialisasi ini, FIN-DC sesuai dengan visi misi organisasi yaitu peduli terhadap lingkungan khususnya lingkungan perairan, juga aktif dalam berbagai kegiatan konservasi lainnya, seperti transplantasi karang, beach and reef clean up, serta program pemantauan terumbu karang. “Kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan dari LNG Bontang, khususnya dalam menyediakan transportasi dalam kegiatan-kegiatan kami” kata Hudi handoko,wakil ketua Findc.

Artikel : Omega Raya