Kegiatan International of the Reef (IYOR 2008) di Indonesia telah resmi berjalan. Peresmian dilakukan oleh Syamsul Ma’arif, Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) – Departemen Kelautan dan Perikanan, bersama Firmansyah Rahim, Dirjen Pengembangan Destinasi – Departemen Kebudayaan dan Pariwisata di Balai Sidang Jakarta pada 28 Maret lalu.

Peristiwa tersebut berlangsung bersamaan dengan pembukaan pameran kebaharian DEEP Indonesia di tempat yang sama pada 28-30 Maret 2008. Acara yang diikuti para pelaku industri wisata bahari itu memang sengaja diadakan sebagai kegiatan pertama IYOR 2008 di Indonesia

COREMAP adalah lembaga yang melaksanakan IYOR 2008 atau Tahun Terumbu Karang Internasional di Indonesia. IYOR 2008 merupakan kegiatan kampanye di seluruh dunia demi meningkatkan kepedulian tentang nilai dan pentingnya terumbu karang melalui pembangkitan motivasi masyarakat untuk mengambil langkah-langkah perlindungan dan konservasi terhadap terumbu karang.

IYOR 2008 mengundang individu, lembaga pemerintah, perguruan tinggi, seolah serta organisasi masyarakat untuk melakukan kegiatan yang bermakna melindungi terumbu karang. Bagi yang berminat dapat bergabung dengan lembaga penyelenggara IYOR 2008 pada negaranya masing-masing.

Dalam DEEP Indonesia, COREMAP membuka stand dan menyelenggarakan diskusi bertema “Pariwisata Bahari bergantung pada Terumbu Karang” juga lomba mewarnai bagi anak-anak dengan tema “Terumbu Karang Sehat, Ikan Berlimpah” serta lomba poster digital yang mengusung tema “Indahnya Terumbu Karang Tanggung Jawab Kita Melestarikannya. (PH)

Info web: www (COREMAP)