3

Kegiatan Reef check EcoDiver ini adalah yang pertama dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Fisheries Diving Club Universitas Hasanuddin Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 24-28 November 2015 yang bertujuan untuk mencetak sumberdaya manusia yang dapat berkontribusi terhadap penyelamatan ekosistem terumbu karang yang lambat laun mulai tersegradasi. Reef Check Ecodiver yang dilaksanakan oleh FDC UNHAS ini bertemakan “Respect To Our Spermonde Archipelago” yang bermakna ajakan untuk lebih care dan peduli terhadap kondisi Kep. Spermonde saat ini.

FDC UNHAS merupakan singkatan dari Fisheries Diving Club Universitas Hasanuddin yang berkedudukan di Jurusan Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin. Organisasi ini berdiri secara resmi pada tanggal 28 Februari 1998 dan memiliki Visi utama mencetak penyelam – penyelam yang berbasis ekologi khususnya ekosistem terumbu karang.

 

1

2

Kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil memiliki potensi sumberdaya hayati laut mengalami degradasi yang cukup signifikan karena belum dikelola secara maksimal. Hal ini disebabkan karena kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan masih sangat kurang, serta perubahan iklim global yang setiap tahunnya semakin memprihatinkan sehingga diperlukan data yang berkesinambungan untuk mampu menggambarkan perubahan kondisi terumbu karang sebagai bahan pertimbangan untuk pengelolaannya.

Dua pulau yang dipilih dalam kegiatan tahun ini adalah Pulau Badi & Pulau Sanane. Kepulauan spermonde merupakan gugusan pulau yang terletak di Sulawesi selatan. Spermonde adalah istilah dari bahasa belanda yang diberikan kepada gugusan pulau-pulau yang membentang dari barat daya pulau Sulawesi mulai dari takalar di bagian selatan hingga ke Pare-Pare bagian utara.

4

Dalam kegiatan ini turut berpartisipasi teman-teman dari Unit Kegiatan Selam (UKSA) 387 Universitas Diponegoro Semarang dan Dinas Pertanian Kelautan dan Kehutanan Kabupaten Morowali Utara. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini setiap tahunnya kita dapat mengupdate kondisi ekosistem terumbu karang yang ada di Kepulauan Spermonde khususnya Pulau Badi dan Pulau Sanane Kab. Pangkajene dan Kepulauan.

Penutupan rangkaian kegiatan Reef Check EcoDiver ini dilakukan dengan melakukan kegiatan fun dive di Atlantic Park Pulau Kodingareng Keke Kota Makassar.