Apalah artinya sebuah nama? Namun tidak demikian bagi pulau. Terutama di Indonesia. Tampaknya sudah menjadi berita yang biasa atau mungkin malah sangat mendesak. Pulau-pulau di Indonesia banyak yang tidak bernama. Sedikitnya 57 pulau kecil yang tersebar di selatan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, hingga saat ini belum diberi nama dan diidentifikasi potensi alamnya.

“Pulau-pulau ini tersebar mulai di perairan (kecamatan) Panggul hingga Prigi, Kecamatan Watulimo,” kata Kasi Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Trenggalek, Agung Sujatmiko.

Belum adanya identifikasi potensi membuat keberadaan pulau-pulau kecil itu belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Prosedur identifikasi pulau maupun pemetaan potensi alam yang terkandung di 57 pulau kecil yang masih misterius itu dikatakannya sangat ribet dan berbelit.

“Prosesnya harus meminta ijin terlebih dahulu ke depdagri dan rekomendasi dari provinsi. Tidak hanya itu, karena penamaan pulau sebagaimana diatur dalam hukum internasional harus mendapat persetujuan dari PBB,” kata Agung.

Kendala lain yang tak kalah menyulitkan proses pengidentifikasian pulau-pulau ini adalah adanya perbedaan persepsi antara Pemerintah kabupaten Trenggalek dengan Tulungagung mengenai sejumlah pulau yang berada di perbatasan antara keduanya.

Menurut Agung, beberapa pulau di antara 57 pulau di selatan Trenggalek yang belum diberi nama itu memiliki potensi cukup besar. Salah satunya walet.

Tidak adanya anggaran yang bisa diarahkan untuk mengoptimalkan sumber daya di kawasan tersebut, khususnya sarang burung walet yang ada di pulau-pulau ini, sehingga diduga banyak dicuri oleh “tangan-tangan tidak bertanggung jawab”

Sumber : Viva News, Oktober 2009