Siswa SMA LaurensiaMenjangan, Bali 22 – 23 Feb 2010. 35 pelajar dari SMA Santa Laurencia Jakarta melakukan pendataan ikan dan invertebrata dengan metode Reef Check. Kegiatan yang difasilitasi oleh Bali Adventure Consultant Program (BackUp), Yayasan Reef Check Indonesia dan disponsori oleh Waka Shorea ini diikuti para siswa dengan sangat bersemangat.

Kegiatan pendataan dengan snorkeling ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan pengenalan alam dari pegunungan hingga lautan yang harus dilalui oleh para siswa ini. Setelah hari sebelumnya mereka hiking di gunung Batur dan mengenal ekosistem hutan maka hari rabu 23 Feb 2010 mereka turun ke Laut untuk mempelajari ekosistem laut.

Cuaca yang cerah dan jarak pandang perairan yang bagus menambah semangat anak-anak untuk snorkeling, meskipun badan terasa pegal karena kegiatan hari sebelumnya. Mereka melakukan snorkeling di dua lokasi yaitu lokasi dengan terumbu karang bagus dan lokasi dengan terumbu karang yang jelek untuk perbandingan. Kegiatan hari itu ditutup dengan penjelasan pengolahan data dan pemilihan tim terbaik. Kemudian perjalanan dilanjutkan untuk melakukan petualangan lainnya.

Kegiatan seperti ini merupakan inovasi baru yang dapat dilakukan para siswa. Jasi, selain berwisata menikmati keindahan Pulau Dewata para siswa juga memperoleh pengalaman dan tambahan pengetahuan.