Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng bekerja sama dengan Yayasan Reef Check Indonesia dan CORAL REEF ALLIANCE membuka beasiswa penelitian untuk pengelolaan terumbu karang dan ekosistem terkait di Kabupaten Buleleng. Adapun beasiswa disediakan untuk 5 orang mahasiswa SI dan S2 dari perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri, berbasis di Bali, dengan jumlah dana 10 sampai 15 juta/ penelitian.

 

Syarat aplikasi beasiswa dana penelitian adalah sebagai berikut:

1. Menyerahkan fotokopi kartu mahasiswa dan IPK dari tingkat satu dari perguruan tinggi/akademi di Propinsi Bali yang dilegalisir.

2. Menyerahkan surat pengantar dari dosen pembimbing yang menyatakan persetujuan bagi mahasiswa tersebut untuk mendaftarkan diri bagi program beasiswa ini, serta persetujuan untuk melakukan bimbingan bersama dengan tim dari pemerintah Kabupaten Buleleng dan tenaga ahli dari RCFI, CORAL, atau mitra lain.

3. Membuat surat pernyataan dengan materai 6000 dari fakultas/universitas yang menyatakan bahwa hasil penelitian akan menjadi hak milik bersama antara pelaku peneliti,  universitas/akademi yang bersangkutan, pemerintah Kabupaten Buleleng, RCFI dan CORAL.

4. Menyerahkan proposal penelitian dengan topik sebagai berikut

a. Penelitian berkaitan penyediaan data dasar serta pemantauan dan evaluasi perbaikan ekosistem (karang dan ikan karang) di kabupaten Buleleng (di luar kawasan TN Bali Barat)

b. Penelitian berkaitan penyediaan data dasar ekosistem terumbu karang dan ikan karang, dinamika populasi, serta aspek sosial ekonomi dan budayanya di Kabupaten Buleleng (di luar kawasan TN Bali Barat)

c. Penelitian lain berkaitan ekosistem dan pengelolaan terumbu karang yang dapat memberikan masukan aplikasi praktis kepada pengelolaan terumbu karang dan pesisir di Kabupaten Buleleng.

5. Proposal ditulis dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman, ukuran 12,  spasi 1,5, di atas kertas A4 70 gram dengan margin kanan, atas dan bawah 3, kiri 4. Format proposal adalah sebagai berikut:

Judul:

Latar belakang:

Tujuan dan manfaat penelitian:

Lokasi (lengkap dengan peta):

Metoda:

Rencana kerja (waktu):

Anggaran Penelitian:                                                      

Transportasi:                                                   

Akomodasi/konsumsi:                  

Alat dan Bahan:

6. Penelitian belum pernah dilakukan sebelumnya dan tidak merupakan penelitian lanjutan.

7. Penelitian mempunyai jangka waktu maksimal satu setengah tahun.

8. Peneliti menyiapkan dua buah laporan:  Satu laporan akhir, dan satu laporan kemajuan penelitian yang diserahkan pada tengah waktu penelitian yang diajukan (misal:  untuk waktu penelitian satu tahun, laporan kemajuan diserahkan dan dipresentasikan pada bulan ke 6)

Informasi lebih lanjut klik :
www.diskanla.bulelengkab.go.id
www.reefcheck.or.id